Kampus 1 jl. Flamboyan Kampus 2 Jl. Kamboja Kedungwaru lor, Karanganyar, Demak
LUHUR BUDI PEKERTI UNGGUL DALAM PRESTASI

EKSTRAKURIKULER

MIN 4 DEMAK Berhias

Program MIN 4 Demak Berhias, Dengan Program ini semoga warga madrasah akan lebih sadar dan peduli dengan lingkungan  sehingga program yang di canangkan dengan tema "MIN 4 Demak Berhias (Bersih, Hijau, Indah,Aman dan Sehat) akan dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan

INFO MIN 4 DEMAK
Kontak
Alamat :

Jl. Flamboyan No. 6 Desa Kedungwaru Lor RT 1 RW. 3 Kec. Karanganyar

Telepon :

081390168440

Email :

pkkm.min4demak@gmail.com

Website :

https://www.min4demak.sch.id/

Media Sosial :
Semangat meraih mimpi
Kalender

Oktober 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
PRAMUKA

PRAMUKA

PROGRAM KERJA
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS DEPAN  MIN 4 DEMAK
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
 
 
A. PENDAHULUAN
Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan berbagai macam pembinaan karakter dan ketrampilan bagi siswa. Sehingga meringankan beban pendidikan karakter dan ketrampilan yang menjadi tanggung jawab kurikulum wajib, yang tertuang dalam beberapa mata pelajaran wajib.
Pendidikan akhlak mulia atau karakter yang   tertuang dalam Kompetensi Inti 1 dan  2 Kurikulum Nasional dapat dibina dalam Pendidikan Kepramukaan ini. KI 1 yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. KI 2 yaitu “Menunjukan perilaku jujur ,disiplin ,tanggung jawab, santun, perduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.Kompetensi Inti 3 dan 4 dalam Kurikulum Nasional. KI 3 meliputi “Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang ditemuinya di rumah dan di sekolah”. Dan KI 4 meliputi “. Menyajikan pengetahuan yang faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Dengan kompetensi dasar yang berbeda akan menjadikan kegiatan pramuka akan berbeda sangat jauh dengan kegiatan pembelajaran akademis. Kompetensi yang diharapkan pada kegiatan pramuka adalah ketrampilan praktis dari kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Membuat kegiatan pramuka tidak sulit untuk dipahami dan dipraktekkan. Sehingga bentuk-bentuk kegiatannya  bisa lebih banyak kegiatan luar ruang yang  menyenangkan dan aktif.
Maka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah, gerakan pramuka merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan dan penuh aktifitas praktis yang  dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sampai saat ini terbukti, pramuka masih sangat diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik di Indonesia. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
B.  DASAR KEGIATAN
Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
2. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
4. Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
5. Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
6. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
7. Program kerja Madrasah yang dijabarkan dalam program kerja Tahunan MIN 4 Demak.
C.   TUJUAN
Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
1. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan
2. Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
3. Sebagai sarana untuk peningkatkan mutu pendidikan kepramukaan di Madrasah.
D.  SASARAN
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:
1. Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Madrasah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan Dewan Guru
2. Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3. Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
4. Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga dan penggalang sesuai dengan tingkat umur peserta didik.
 
E. VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
 Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor  81a  Tahun 2013  Tentang  Implementasi Kurikulum berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi kegiatan ektrakulikuer. Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikluer Pramuka pada Gudep MIN 4 Demak adalah sebagai berikut:.
Visi :
Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.
Misi :
1. Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan  keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta  ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman
2. Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, minat dan bakat.
3. Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter.
4. Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
5. Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar, serta keterampilan.
 
F. PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
 Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka MIN 4 Demak dapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
1. Program Umum
2. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
3. Masa Orientasi Anggota Baru yang pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas I
4. Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Keparmukaan, melalui kegiatan:
• Latihan Rutin
• Pencapaian SKU
• Pencapaian SKK
• 2 macam SKK Agama
• 2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
• 2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
• 2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
• 2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
• Peningkatan mutu latihan pramuka siaga dan penggalang
• Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
• Perkemahan Sabtu Minggu ( 1 kali )
• Penjelajahan dan Survival Game
• Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
• Lomba Tingkat I ( 1 kali )
• Bakti Masyarakat ( 1 kali )
• Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
• Pengiriman regu Siaga ke tingkat Kwartir Ranting dan Cabang
• Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
• Musyawarah Gugus Depan
2. Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
1. Buku Induk Gugus Depan
2. Stempel Gugus Depan
3. Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
4. Buku Administrasi Keuangan
5. Daftar Inventaris Gugus Depan
6. Buku Tamu Gugus Depan
7. Laporan Semester Gugus Depan
8. Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
9. Pengadaan Tenda Pramuka
10. Pengadaan alat pionering yang meliputi :
• tali pramuka
• tongkat
11. Bendera Gugus Depan yang meliputi:
• Bendera Tunas Kelapa
• Bendera Pramuka Sedunia Putra
• Bendera Pramuka Sedunia Putri
12. Bendera Semaphore dan Morse
13. Papan Nama Gugus Depan
14. Sanggar Bakti Pramuka
15. Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:
1. Alokasi dana dari BOS
2. Sumbangan lain yang tidak mengikat
3. Bidang Pendidikan Orang Dewasa
4. Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
5. Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
6. Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
7. Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan  MIN 4 DEMAK dapat dijabarkan sebagai berikut:
 
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2023 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2023
No KEGIATAN BULAN KE KET
JulAgsSeptOktNopDes
1.Masa Orientasi Anggota BaruX
2.Latihan Rutin (Sistem Reguler)XXXX
3.Ujian SKU SiagaXXXX
Ujian SKU Penggalang
6.Ujian SKKXXXX
7.Gladian Pemimpin ReguX
8.Perkemahan Dekat ( Persami )
9.Penjelajahan dan Halang RintangX
10.Bakti MasyarakatX
11.Latihan gabunganX
12.Lomba Tingkat IX
13.Laporan Semester ke Kwartir RantingX
14Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun NasionalMenyesuaikan
 
 
 
 
 
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2024 SAMPAI DENGAN JUNI 2024
No KEGIATAN BULAN KE KET
JanPebMarAprMeiJun
1.Latihan Rutin (Sistem Reguler)XXXXX
2.Ujian SKU SiagaXXXX
3.Ujian SKU PenggalangXXX
5.Ujian SKKXXXX
6.Gladian Pemimpin ReguX
7.Perkemahan Dekat ( Persami )X
8.Penjelajahan dan Halang RintangX
9.Bakti MasyarakatX
10.Latihan gabunganX
11.Laporan Semester ke Kwartir RantingX
12.Pemilihan pramuka terbaikX
13.Musyawarah Gugus DepanX
14.Perkemahan jauh dan PengembaraanX
15.Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun NasionalMenyesuaikan
 
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
1. Latihan rutin dilakukan setiap hari Jum’at dimulai pukul 13.30 WIB dan diakhiri pukul 15.00 WIB
2. Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
3. Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
4. Rincian materi latihan rutin adalah :
o Sejarah Pramuka
o Dasa Dharma dan Trisatya
o PBB dan Upacara Pramuka
o Sandi pramuka (huruf rahasia)
o Semaphore
o Kompas
o Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
o Api Unggun
o Tata Boga
o Hasta karya Pramuka
o Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kperamukaan
o Musyawarah dan Mufakat
o Tanda Jejak, Peta
o P3K
o Penjelajahan dam Permainan Pramuka
o Lagu Wajib dan Lagu Daerah
o Bakti karya
o Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan
 
5. Musyawarah Gugus Depan
o Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus depan.
o Dalam kegiatan ini dirumuskan :
 Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
 Susunan Pembina Gugus Depan
 Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
o Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
 Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
 Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri
 Pembina pramuka
 Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak
 Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan unusur guru yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
 Unsur Komite Sekolah
 Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
 Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
o Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
6. Kegiatan Perkemahan
a. Perkemahan Sehari (Persari)
1) Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan
2) Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
Kegiatan ini meliputi :
• Penjelajahan dan halang rintang
• Kegiatan latihan gabungan
• Latihan Dasar Kepemimpinan
• Lomba Tingkat I
b. Perkemahan Dekat (di Sekolah)
• Kegiatan Perjusa dilaksanakan pada bulan
• Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (Jumat) dan diakhiri pada pukul 10.00 WIB (Sabtu)
• Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Perjusa adalah :
o Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
o Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
o Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
o Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
4. Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
• Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan 
• Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
5. Kegiatan Insidental
• Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat
• Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
• Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
 Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
 Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)
 
 SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA SIAGA
 
No Bulan/Minggu Materi Latihan No Bulan/Minggu Materi Latihan
1 Juli 2023
 
 
  a. Pelantikan Siaga
b. Pengenalan Pramuka
c. Pengenalan Siaga 7. Januari 2024 a. Makanan, Vitamin, Mineral dan penyakit
b. Toga
c. Tali Temali
2. Agustus 2023 a. Rukun Iman dan Rukun Islam
b. PBB Dasar
c. Dwi Dharma dan Dwi Satya
d. Salam Pramuka
  8. Februari 2024 a. Lambang Gerakan Pramuka
b. Mengenal Pahlawan
c. Pu & PUK
d. Permainan Siaga
3. September 2023 a. PBB Dasar
b. Keagamaan dan Do’a Harian
c.Sejarah Pramuka 9. Maret 2024 a.       Morse
b.      Semapore
c. Mengenal Obyek Wisata
d. Survival dan Perkemahan 
 4. Oktober 2023 a. PBB Dasar
b. Lambang Gerakan Pramuka
c. Lagu-lagu daerah
d. Seragam Pramuka 10 April 2024 a. Tali – temali
b. Membuat Drakbar
c. Morse
d. Lagu Wajib/
e. Ujian TKK
 5 November 2023 a. PBB dASAR
b. Ujian SKU Siaga
c. Lagu Indonesia Raya
d. Bendera Merah Putih
e. Hari Besar Nasional dan Hari Besar Keagamaan 9. Mei 2024 a. Mengenal Negara ASEAN
b. KIM
c. Rambu Lalu Lintas
d. Pandawa Lima dan Ponakawan
e.Senam Pramuka
 6 Desember 2023 a. Pemerintahan Indonesia
b. Pancasila
c. Membaca Jam
d. Arah Mata Angin
e. Uji TKK
 
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG
No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Materi Kegiatan
1
 
 
  1.     Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan
 
 
  1.1   Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia 1.1     Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia Sejarah kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
1.2   Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia1.2     Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
1.3   Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat
  1.3     Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma Dasa Dharma dan Trisatya
1.4     Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan masyarakat
2
  2.     Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara Penggalang
  2.1 Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri) 2.1     Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri) PBB dan Latihan Upacara
2.2 Memperagakan upacaraPenggalang  di  lapangan2.2  Memperagakan upacara Penggalang di lapangan
3
 
  3.     Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore
 
  3.1 Mengetahui macam-macam SANDI 3.1  Mengetahui macam-macam SANDI Huruf SANDI
3.2   Mengetahui fungsi bendera Semaphore3.2  Mengetahui fungsi bendera SemaphoreSemaphore
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar3.3  Memperagakan bendera semaphore dengan benar
4 4.     Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari 4.1   Menggunakan pedoman kompas dengan benar 4.1     Menggunakan pedoman kompas dengan benar Pedoman kompas
5
 
  5.     Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
 
  5.1   Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat 5.1     Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
5.2   Membuat tandu dan kaki tiga5.2     Membuat tandu dan kaki tiga
5.3   Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda5.3     Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
6
  6.     Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan
  6.1   Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah 6.1     Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah Api unggun
6.2   Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah6.2     Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
7
  7.     Memahami resep dasar memasak
  7.1   Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana 7.1     Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana Tata boga
7.2   Latihan memasak  tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)7.2     Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
8
  8.     Memahami cara membuat hasta karya
  8.1   Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) 8.1     Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug) Hasta karya Pramuka
8.2   Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas8.2     Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
9
 
  9.     Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka
 
  9.1   Mengetahui lambang gerakan pramuka 9.1     Mengetahui lambang gerakan pramuka Lambang Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan
9.2   Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah9.2     Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah
9.3   Membentuk kepengurusan regu9.3     Membentuk kepengurusan regu
10 10.   Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka 10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana 10.1   Mengetahui arti musyawarah  dan mufakat secara sederhana Musyawarah dan mufakat Pramuka
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut10.2   Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut
11
  11.   Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
  11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan 11.1   Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan Mencari jejak dan penggunaan peta
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan11.2   Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
12
 
  12.   Memahami definisi dan praktek P3K
 
  12.1 Mengetahui arti P3K 12.1   Mengetahui arti P3K P3K
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K12.2   Mengetahui cara praktek P3K
12.3 Memperagakan P3K dan PPMIN12.2   Memperagakan P3K dan PPGD
13
 
  13.   Memahami definisi jelajah alam dan out bound
 
  13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond 13.1   Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound Jelajah alam dan out bout
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound13.2   Mengetahui macam-macam jenis outbound
13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana13.3   Jelajah alam dan out bout sederhana
14
  14.   Memahami  macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
  14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah 14.1   Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah Lagu-lagu wajib dan daerah
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar14.2   Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
15
  15.   Memahami makna bakti karya Penggalang.
  15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang 15.1   Mengetahui makna bakti karya Penggalang Bakti karya
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa15.2   Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
 
 

Ali Syukron Jum'at 00:00:13
Berita Kegiatan

Penanggulangan Bullying, Begini Caranya

Hari Bulan Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan

Aksi Word Cleanup Day (WCD) 2023 MIN 4 Demak

Menghafal Vs Memahami, Mana Cara Belajar Paling Tepat ?

Belajar Efektif Menurut Psikologi

Tahun Baru Islam

Sebarapa Pentingkah Peran Seorang Guru?

5 Hal Yang Harus Dihindari Agar Produktif Belajar

Pilihan Jenis Musik yang Cocok untuk Belajar

Mengapa Ekstrakulikuler Itu Penting?

Sering Ngantuk Saat Belajar? Kenali Penyebabnya

Hari Palang Merah Indonesia dan Sejarahnya

E-Learning dan Manfaatnya Pada Pendidikan

5 Perbedaan Guru Jaman Dulu dan Sekarang

Penanggulangan Bullying, Begini Caranya

Metode Pembelajaran Untuk Kurikulum Merdeka

Mengapa Bulan Bahasa Jatuh Di Bulan Oktober?

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Mengenal Sejarah G30S PKI

HARI PRAMUKA

5 Benda Yang Kece Dengan Batik

PORSENI 2023

5 CARA MENGHADAPI ANBK 2022, AUTO SUKSES

5 Alasan Paskibra Jadi Ekskul Paling Populer

SEJARAH SUMPAH PEMUDA JATUH PADA 28 OKTOBER